OCHA: 50 Ton Semen Diizinkan Masuki Gaza

Kantor Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (Office for the Coordination of Humanitarian Affairs/ OCHA) di wilayah pendudukan, melaporkan pada hari Rabu, truk yang memuat 50 ton semen diarahkan untuk memasuki Jalur Gaza pekan lalu. Ini adalah kiriman pertama yang diterima Jalur Gaza sejak November 2008.
Pemerintah kota menegaskan, semen yang  akan digunakan dalam pemasangan jaringan air yang hancur tersebut tidak akan bermanfaat jika Israel terus menghalangi masuknya pipa air, terutama sejak Januari tahun ini.
Kantor media PBB di Kairo menyatakan, terdapat 40,000 warga Palestina yang tidak memiliki akses air, dan 100,000 lainnya memiliki akses yang terbatas. Israel juga menghalangi akses bahan bakar untuk Jalur Gaza dalam kurun waktu 15-21 Maret.
Sementara itu, Israel mengizinkan aktifitas ekspor 400,000 bunga melalui perlintasan Karem Shalom (karem Abu Salem), dan sedikitnya terdapat 4 juta bunga siap ekspor. Musim ekspor bunga berakhir pada akhir Maret.
Selain itu, kantor OCHA menyatakan, selama periode yang dilaporkan (15-21 Maret) Israel mengizinkan 728 truk barang masuk, termasuk 140 truk untuk lembaga bantuan kemanusiaan.
Suplai makanan sebagian besar merupakan komoditas impor, yakni 556 muatan truk (76%), diikuti oleh pasokan perlengkapan kebersihan/ pembersih (terbatas untuk chlor, tissue, dan popok) sebanyak 93 truk (13%). Hanya 4% (32 truk) pasokan selimut dan kasur dari yang diperlukan, 21 truk (3%) obat-obatan yang diizinkan melalui tambahan 12 truk (2 %) pasokan keperluan industri.
OCHA menambahkan, hanya 14 truk pasokan perlengkapan yang diizinkan masuk, selain enam truk bahan pertanian, 5 truk telur yang dibuahi, dan 2 truk bahan kemasan. Tidak ada ternak, kendaraan, dan jenis komoditas lain yang diizinkan masuk pekan ini. Dibandingkan rata-rata harian 246 yang diterima pada minggu ke tiga Juli 2008, hanya 121 truk/ hari yang diizinkan masuk ke Gaza pekan ini. (nisa/imemc)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s